Menjadi Bagian dari Perjalanan Olahraga
Beli Tema IniIndeks

Siti Atikoh sebut budaya buka suara selamatkan perempuan dari KDRT

Wto Sport – Istri calon presiden Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriantimengatakan bahwa budaya membuka suara atau speakup merupakan salah satu upaya menyelamatkan perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

“Berani speakup merupakan upaya yang baik agar terhindar dari KDRT,” kata Atikoh dalam diskusidengan tema “Kekerasan Terhadap Perempuan” di Jakarta, Sabtu.

Menurut Atikoh banyak faktor yang mendorong terjadinya KDRT, salah satunya adalahfaktor perekonomian rumah tangga.

Kondisi perekonomian yang terpuruk menurut dia sering menjadikan perempuan tersudut hingga jadi pelampiasan kekerasan.

Dia melanjutkan, posisi tersebut semakin menyulitkan perempuan karena korban juga mengalami ketergantungan secara ekonomi oleh pelaku kekerasan.

Atikohmenjelaskan bahwa jekerasan yang dialami perempuan tidak hanya secara fisik melainkan mental dan seksual. Hal tersebut yang membuat kondisi psikis korban semakin jatuh.

Dia mengatakan, mayoritas korban tidak memilih untuk menceritakan hal tersebut lantaran membuka urusan privat masih dianggap tabu.

“Tidak semua perempuan mau cerita. Terutama jika ini ranah privat yang biasanya pelakunya orang terdekat,” ujarnya.Karena itu dia mendorong seluruh perempuan memberanikan diri untuk speak up agar mendapatkan penanganan dan pencegahan sejak dini.

Dengan speakup, pencegahan bisa dilakukan dari lapisan paling dasar yakni oleh sesama perempuan dan kerabat dekat.

Dia juga menekankan pentingnya pemerintah menepatkan layanan aduan KDRT di setiap wilayah permukiman warga.

“Dari segi infrastruktur juga diperlukan seperti ada pelayanan satu atap untuk pengaduan di setiap daerah. Dengan begitu penanganan bisa cepat,” kata Atikoh.

Dia berharap seluruh perempuan mau saling mendukung untuk membudayakanspeakup demi mencegah KDRT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *